Kemajuan teknologi dalam bentuk pompa air tenaga surya

lampu jalan solar cell

Kemajuan teknologi dalam bentuk pompa air tenaga surya

lampu jalan solar cellSaat ini sudah sangat mudah bagi manusia untuk menggunakan pompa air namun masih menggunakan tenaga listrik, yang sudah barang tentu hal tersebut akan dikenakan tarif dasar listrik. Sayangnya dengan kemudahan yang diperoleh, tarif dasar listrik saat ini sudah naik sehingga harus lebih berhemat dalam penggunaan pompa air berbasis listrik. Salah satu cara untuk menanggulangi hal tersebut atau berhemat bisa menggunakan teknologi pompa air tenaga surya, teknologi ini juga kadang digunakan untuk lampu jalan solar cell. Hampir sama dengan teknologi panel lainnya, cara kerja pompa air tenaga surya ini pun cukup sederhana.

Panel surya ditempatkan diatas atau di dekat pompa air yang kabelnya akan terhubung ke pompa air tersebut. Pada siang hari merupakan waktu untuk mengisi daya baterai. Cara kerjanya hampir sama dengan cara pengisian daya baterai pada umumnya, yakni semakin banyak daya listrik yang didapat, maka daya tahan baterai tersebut akan semakin lama. Hal itu pun juga berlaku pada baterai yang terdapat di panel tersebut. Pada siang hari, baterai akan mengisi dayanya yang didapat dari sinar matahari. Semakin banyak intensitas sinar matahari, maka akan semakin lama pula daya tahan baterai tersebut. Namun hal berikut tergantung dari cuacanya. Apabila cuaca yang tidak menentu, misalkan musim penghujan atau musim dingin dimana intensitas sinar matahari tidak sebanyak pada msim panas atau musim kemarau, maka kemampuan daya baterai pada panel tersebut akan semakin lemah sehingga daya tahan baterai tersebut akan semakin pendek.

Pompa air tenaga surya ini merupakan bentuk inovasi pompa air yang saat ini masih menggunakan listrik. Yang membedakan antara pompa air tenaga surya dengan pompa air tenaga listrik hanyalah sumber yang digunakan. Pompa air tenaga surya ini cocok digunakan dalam kebutuhan rumah tangga, pengairan di sawah, pengairan di tambak dan lain sebagainya. Apabila pompa air tenaga surya ini digunakan dalam kegiatan pengairan di sawah atau tambak maka akan menekan pengekuaran untuk listrik sehingga biayanya bisa disubstitusikan ke dalam biaya produksi untuk pengadaan benih dan sebagainya. teknologi tenaga surya ini bisa juga digunakan untuk pemanas air tenaga surya, lampu jalan solar cell dan seterusnya.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment