Syarat-Syarat Untuk Kuliah Di Jerman

universitas jerman

Syarat-Syarat Untuk Kuliah Di Jerman

universitas jermanBagi Anda yang ingin melanjutkan kuliah di Jerman. Perlu diketahui bahwa Jerman merupakan satu dari sekian negara yang menjadi destinasi studi oleh mahasiswa seluruh dunia. Dibanding negara lain di Benua Eropa, biaya kuliah di Jerman terkenal sebagai yang paling murah. Tidaklah heran jika banyak mahasiswa internasional yang melanjutkan studinya ke sana. Berikut ini, persyaratan untuk melanjutkan studi di Jerman secara umum:

  1. Visa dan Izin Tinggal

Sebagai mahasiswa internasional pasti membutuhkan visa untuk pergi ke sana sebagai pelajar, namun tergantung masing-masing aturan tiap negara. Untuk membuat visa dan ijin tinggal di Jerman Anda bisa menghubungi Kedutaan Jerman yang berada di Indonesia. Biasanya persyaratan membuat visa sebagai pelajar membutuhkan dokumen-dokumen yaitu formulir aplikasi, paspor, pas foto sebanyak 2, surat pernyataan diterima di universitas Jerman, transkrip nilai, sertifikat kemampuan berbahasa Jerman, bukti sumber dana yang membiayai kebutuhan Anda selama di Jerman, bukti kepemilikan asuransi kesehatan, pernyataan semua dokumen yang dikumpulkan adalah asli.

  1. Memiliki Bukti Sumber Keuangan (berupa bantuan keuangan atau beasiswa)

Untuk melanjutkan studi ke Jerman, Anda harus menunjukkan bukti aliran ataupun sumber dana yang menjadi biaya hidup di Jerman, kira-kira sebesar Rp 115 juta per tahun yang harus Anda keluarkan. Meskipun biaya kuliahnya murah dan juga terdapat beasiswa S1 jerman, beasiswa S2 Jerma, beasiswa S3 jerman dan juga beasiswa jerman full dan bahkan jika Anda mendapat beasiswa DAAD pun, anda tetap harus memiliki sumber dana sebagai salah satu dokumen wajib yang harus diserahkan ke kedutaan sebagai syarat pembuatan visa pelajar Jerman.

  1. Mempunyai Kualifikasi Penerimaan Universitas

Jika ingin melanjutkan studi ke Jerman, Anda harus mengantongi Kualifikasi Penerimaan Universitas yang adalah sertifikat/ijazah lulus sekolah menengah yang akan memenuhi persyaratan untuk melanjutkan studi di sana.

  1. Kemampuan Berbahasa Jerman

Beberapa jurusan menuntut untuk calon mahasiswa mampu menguasai bahasa Jerman. Biasanya tes pertama berupa tes bahasa Jerman.

  1. Mempunyai Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan sebagai jaminan Anda ketika mengalami sakit di sana. Dikarenakan biaya hidup di sana yang cukup tinggi.

  1. Tes Bakat dan Kecerdasan

Tes yang biasa diadakan untuk mengukur kemampuan diri, apakah mampu menyelesaikan program studi ataupun jurusan yang akan Anda ambil nanti. Umumnya, terdiri dari tes bahasa, bagian inti ujian dan yang terakhir adalah modul subyek tertentu yang berhubungan dengan program studi/ jurusan yang dipilih.

Syarat-syarat tadi merupakan kunci bagi Anda untuk melanjutkan studi ke Jerman. Namun tetap perlu diperhatikan bagi mahasiswa internasional asal Indonesia untuk tetap mencari beasiswa Jerman meskipun biaya kuliah di sana terkenal murah, karena masih memungkinkan ada biaya administrasi lain yang harus ditanggung di luar itu. Maka dari itu penting juga untuk mencari tahu tips beasiswa Jerman untuk Anda pelajari.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment